• Prodi Akuntansi
  • 24. 07. 2019
  • 219

 

Sejak dinyatakan berstatus negeri tahun 2014, Universitas Teuku Umar (UTU) terus berbenah menjadi Perguruan Tinggi jantong hatee masyarakat Barat Selatan Aceh (Barsela). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menambah program studi (prodi) baru yang dapat menampung minat calon mahasiswa wilayah Barsela dan sekitarnya.

Melihat tren jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, hal ini menjadi indikator besarnya minat masyarakat untuk menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar. Prodi Ekonomi Pembangunan dan Prodi Manajemen yang lebih awal berdiri, dianggap belum cukup untuk menampung minat calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Fakultas Ekonomi UTU. Hal ini menjadi alasan perlunya dibuka program studi baru yang dapat menunjang terwujudnya core product Universitas Teuku Umar yaitu agro and marine industry. Akhirnya, berdasarkan rapat di tingkat universitas, diusulkanlah program studi baru yang melengkapi dua prodi sebelumnya, yaitu Program Studi Akuntansi.

Program Studi Akuntansi didirikan pada tanggal 13 September 2016 dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 367/KPT/I/2016. Setelah terbentuk, agenda prodi diawali dengan proses perumusan Visi-Misi PS dengan membentuk tim perumus yang terdiri dari unsur dekanat (dekan, wakil dekan I dan II), Program Studi (Kaprodi, Sekprodi), dan dosen Prodi. Adapun aktivasi penyelenggaraan Prodi Akuntansi dimulai pada bulan September 2017.

Pada awal terbentuk, Prodi Akuntansi dipimpin oleh Budianto, S.E., M.Si.Ak sebagai Ketua Prodi dan Ika Rahmadani, S.E., M.Si. Ak sebagai Sekretaris Prodi. Keduanya menjalankan tanggung jawab selama dua tahun (2016-2018). Sejak Juni 2019, Ika Rahmadani, S.E., M.Si. Ak menggantikan posisi Budianto, S.E., M.Si. sebagai Ketua Program Studi yang baru dan Sari Maulida Vonna, S.E., M.Si. Ak sebagai Sekretaris Program Studi.