DOSEN AKUNTANSI FE-UTU LAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KABUPATEN NAGAN RAYA
  • Prodi Akuntansi
  • 15. 03. 2020
  • 0
  • 509

Sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, dan sebagai bentuk nyata kepedulian dari perguruan tinggi untuk menghilangkan isolasi dunia akademik terhadap persoalan masyarakat, delapan dosen Program Studi Akuntansi Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara serentak di tiga sekolah di Kabupaten Nagan Raya pada Jum'at, 13 Maret 2020.

Kegiatan dilakukan selama setengah hati dari jam 9 hingga jam 11 WIB. Delapan dosen tersebut dikelompokkan ke dalam tiga tim dengan sekolah tujuan yang berbeda. Tim pertama (Ika Rahmadani, S.E., M.Si.Ak dan Sari Maulida Vonna S.E., M.Si.Ak) melakukan kegiatan PKM di SMA Negeri 1 Kuala dengan tema “Tips dan Trik Jago Akuntansi Dasar”. Tim kedua bertugas melakukan pengabdian di SMA Negeri 2 Kuala, yang diisi oleh Dewi Sartika, S.E., M.Sc., Linda Rahmazaniati, S.E., M.Si.Ak, dan Rina Maulina, S.E., M.Si.Ak. Adapaun tema yang diangkat tim ini terkait “Prospek Karir di Bidang Akuntansi”.  Tim terakhir (Lilis Marlina, S.E., M.Si., Budianto, S.E., M.Si., dan Fatmayanti, S.E., M.Si.) melaksanakan pengabdian di SMA Negeri 3 Kuala dengan mengusung tema “ Strategi Pemilihan Jurusan pada SBMPTN 2020”. Tema ini dianggap penting mengingat siswa kelas XII akan menghadapi Ujian Nasional dalam waktu dekat dan agar lebih terarah saat menentukan pilihan jurusan.

Selain para dosen, pengabdian bersama ini turut juga diramaikan oleh mahasiswa-mahasiswa pilihan dari Prodi Akuntansi yang terbagi dalam tiga tim. Mereka memaparkan tentang seluk-beluk kehidupan kampus saat menjadi mahasiswa, menjelaskan tentang peluang-peluang beasiswa yang mungkin dapat diraih, sekaligus memberikan motivasi kepada para siswa agar bersungguh-sungguh dalam belajar.

Kegiatan ini mendapat sambutan cukup hangat dari para dewan guru dan disambut antusias oleh para siswa-siswi setiap sekolah. Menurut para guru, kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan masif. Harapan ini tumbuh dari data yang diperoleh, bahwa sebagian besar siswa-siswa pada tiga sekolah ini tidak memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi). Mereka cenderung memilih untuk langsung bekerja dan menghasilkan uang.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45, Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi pada negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua elemen tersebut menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan. (DW)

Lainnya :