Mahasiswa UTU Raih Penghargaan Insentif PKM Artikel Ilmiah
  • UTU News
  • 11. 08. 2022
  • 0
  • 651

MEULABOH - UTU | Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Teuku Umar. Kali ini, prestasi tersebut didapatkan oleh mahasiswa UTU dalam bidang Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Artikel Ilmiah.

Ialah Liza Charlisma dari Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dibawah bimbingan Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes, Liza menulis artikel ilmiah berjudul "Hubungan tingkat pengetahuan dan tindakan ibu dalam pemberian ASI Jolong di Desa Bunda Suci Tahun 2021,".

PKM merupakan kompetisi bergengsi yang digelar Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sebelumnya, 7 tim PKM dengan 8 bidang mendapatkan pendanaan Kemdikbudristek pada Mei 2022. Nah, kali ini mahasiswa UTU  kembali lolos mendapatkan insentif PKM Artikel Ilmiah sebanyak satu judul proposal yang didanai dari Kemdikbud Ristek.

Informasi tersebut tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 4818/E2/DT.01.00/2022, tentang Insentif Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2022 tertanggal 9 Agustus 2022. 

Korpus PKM UTU, Yarmaliza, SKM.,M.Si mengatakan bahwa dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi masa depan merupakan salah tujuan dari sebuah perguruan tinggi. Untuk itu UTU terus melakukan pengembangan di bawah koordinantor pusat PKM UTU untuk menghasilkan karya-karya mahasiswa yang berdaya saing tinggi di kancah nasional. Kemendikbud Ristek sebelumnya telah memfasilitasi pendanaan proposal PKM 8 bidang, dan kini PKM AI,” ungkapnya.

Program yang digelar tiap tahun ini bertujuan memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual mahasiswa. 

Sementara itu Teungku Nih Farisni, M.Kes sebagai dosen pembimbing kepada media ini menjelaskan program PKM AI ini merupakan salah satu skema PKM yang mempunyai tujuan utama membantu dan menyediakan media bagi mahasiswa Indonesia untuk membuat artikel ilmiah hasil dari kegiatan akademik yang telah dilakukan.

Lanjutnya dari proses ini, diharapkan kelak dapat menjadi pribadi yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA menyambut gembira atas capaian ini. “Alhamdulillah capaian ini menambah daftar mahasiswa UTU yang berprestasi dan mengharumkan nama UTU di tingkat nasional,” jelas Dr Mursyidin, Kamis (11/8/2022). 

Ia menambahkan bahwa pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi yang baik antara pimpinan Universitas, Koordinator Pusat PKM, para dosen pendamping dan mahasiswa yang terus menggelorakan semangat kompetisi dan budaya prestasi di lingkungan kampus. 

Untuk kompetisi ini, selain UTU, dari provinsi Aceh terdapat Universitas Samudra Langsa dan Universitas Malikussaleh yang masing-masing berhasil lolos 2 artikel, disusul Universitas Syiah Kuala dan Universitas Al-Muslim yang masing-masing lolos satu artikel ilmiah. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :