Prodi Akuntansi FE UTU Lakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Tiga Sekolah Nagan Raya
  • Prodi Akuntansi
  • 09. 03. 2020
  • 0
  • 341

Proses penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2020 sudah dimulai. Tahapan itu dimulai pada tanggal 2 Desember 2019 dengan melakukan registrasi pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mendapatkan akun.  Untuk itu, Program Studi Akuntansi UTU menginisiasi kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru pada Sabtu, 07 Maret 2020.  Ada tiga sekolah yang menjadi tujuan sosialisasi yakni, SMA Negeri 1 Kuala, SMA Negeri 2 Kuala, dan SMA Negeri 3 Kuala. Ketiga sekolah tersebut berada di kabupaten Nagan Raya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari para guru, siswa pada tiga sekolah ini kurang memiliki minat kuliah, mereka cenderung memilih untuk langsung bekerja dan menghasilkan uang. Oleh karena itu, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memperkuat minat siswa-siswi tiap sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi) khususnya Jurusan Akuntansi UTU.  Dengan hadirnya Program Studi Akuntansi di UTU, para siswa diajak untuk ikut menekuni bidang ini. Meskipun akuntansi termasuk rumpun ilmu sosial, namun ia tetap menjadi jurusan favorit di beberapa universitas dalam maupun luar negeri.

Selain itu, dalam sosialisasi yang dilaksanakan setengah hari itu, para pemateri juga menjelaskan prospek karir dan peluang-peluang kerja di bidang akuntansi serta pentingnya ilmu ini dalam setiap organisasi, baik pemerintah maupun swasta. Hadirnya Prodi Akuntansi di UTU akan semakin memudahkan akses para siswa-siswi yang berdomisili di wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) untuk mengecap pendidikan yang setara dengan kampus-kampus lain yang jauh dari Barsela, seperti Unsyiah, Unimal, dan Unsam.

Adapun dosen-dosen akuntansi yang mengikuti sosialisasi ini terbagi dalam tiga tim. Tim pertama (Ika Rahmadani, S.E., M.Si.Ak dan Sari Maulida Vonna S.E., M.Si.Ak) melakukan sosialisasi di SMA Negeri 1 Kuala. Tim kedua bertugas melakukan sosialisasi di SMA Negeri 2 Kuala, yang diisi oleh Dewi Sartika, S.E., M.Sc., Linda Rahmazaniati, S.E., M.Si.Ak, dan Rina Maulina, S.E., M.Si.Ak. Adapun tim ketiga (Lilis Marlina, S.E., M.Si., Budianto, S.E., M.Si., dan Fatmayanti, S.E., M.Si.) melaksanakan sosialisasi di SMA Negeri 3 Kuala.

Selain para dosen, kegiatan sosialisasi ini juga turut diramaikan oleh mahasiswa-mahasiswa pilihan dari Prodi Akuntansi yang terbagi dalam tiga tim. Mereka memaparkan tentang seluk-beluk kehidupan kampus saat menjadi mahasiswa, menjelaskan tentang peluang-peluang beasiswa yang mungkin dapat diraih, sekaligus memberikan motivasi kepada para siswa agar bersungguh-sungguh dalam belajar. (DW)

Lainnya :