Prodi Akuntansi Gelar Workshop Publikasi Ilmiah
  • UTU News
  • 10. 06. 2022
  • 0
  • 475

MEULABOH, UTU – Universitas Teuku Umar (UTU) melalui Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi melaksanakan Workshop Publikasi Ilmiah dengan topik “Sukses Publikasi Internasional melalui Kebaharuan Penelitian (Novelty) dengan Analisis Blibliometrik”. Selasa (31/05/2022) di Aula Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar.

Dalam workshop tersebut menghadirkan pemateri Dr. Ir. Setyaningsih, ST, M.Sc, IPM (Dosen Fakultas Teknik, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta), dengan pemandu acara Abrar Amri, SE, M.Si (Dosen Program Studi Akuntansi UTU). Turut hadir pada kegiatan tersebut Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Prof. Dr. Teuku Zulham, SE, M.Si, Ketua Prodi lingkup FE UTU dan Dosen.

Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Prof. Dr. Teuku Zulham, SE, M.Si dalam sambutannya Ketika akan membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Ir. Setyaningsih, ST, M.Sc, IPM yang disela-sela kesibukannya memberikan waktu luang untuk hadir ke Universitas Teuku Umar yang berada di ujung barat Indonesia. Ia mengharapkan agar melalui workshop tersebut dapat membuat para dosen UTU khususnya Fakultas Ekonomi dapat meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah di tahun 2022 ini.

Sementara itu, Dr. Ir. Setyaningsih dalam paparannya, Ia menjelaskan tentang konsep dasar analisis bibliometric, yaitu sebuah metode analisis statistik atas artikel dan kutipan yang telah terbit yang dimana berguna untuk mengukur dan menelusuri hubungan antara kutipan karya ilmiah atau sitasi jurnal. Dimana hal tersebut akan berguna bagi dosen atau peneliti dalam memikirkan ide penelitian baru.

Ia juga menambahkan bahwa, analisis bibliometrik digunakan dalam meringkas data bibliometrik untuk mengetahui tren yang muncul dari suatu topik atau bidang penelitian sehingga dosen atau peneliti dapat memilih metode tersebut jika cakupan tinjauan terlalu luas dan kumpulan data terlalu besar.

“Tinjauan pustaka bibliometrik merupakan metode tinjauan pustaka dengan memanfaatkan analisis statistik dan kuantitatif dan berfokus pada struktur artikel yang telah ada dalam referensi. Unit analisis tersebut berupa artikel seperti kutipan, jurnal, penulis, bidang bahkan asal negara akan muncul disitu. Dalam pemetaan tersebut bibliometrik  membutuhkan alat bantu software untuk analisis dan visualisasi yaitu aplikasi VosViewer,” Pungkas Dr. Ir. Setyaningsih, ST, M.Sc, IPM dihadapan puluhan dosen FE-UTU. (Redaktur UTUNews/Ikhsan, S.E.,M.Ak)

 

Lainnya :